Minggu, 31 Mei 2015

tambahan2

Struktur adalah suatu tatanan yang membentuk suatu kelompok dalam masyarakat. Struktur memiliki 3 ciri yakni dapat berubah dan berkembang, ada di dalam masyarakat, dan berhubungan erat dengan masyarakat.

Sistem adalah kesatuan komponen yang terarah untuk mencapai tujuan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan menajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan           : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                  : IV (Empat)/II (Dua)
Tahun Pelajaran              : 2014/2015
Alokasi Waktu                  : 2x35 Menit
I.         Standar Kompetensi
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
    
II.      Kompetensi Dasar         
2.2  Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
III.   Indikator    
A.    Kognitif
1.      Produk
- Menjelaskan pengertian koperasi
- Menjelaskna sifat-sifat koperasi
- Mengidentifikasi makna simbol-simbol lambang koperasi
2.      Proses
- Melaksanakan diskusi untuk berbagi pendapat tentang pengertian dan sifat-sifat koperasi
- Melaksanakan kerja kelompok untuk mengidentifikasi makna simbol-simbol lambang koperasi
B.     Afektif                      
1.    Karakter
a.Tanggung jawab
b. Patuh
2. Keterampilan Sosial
a. Bekerja sama
b. Menyumbangkan pendapat
c. Menghargai pendapat orang lain
C.   Psikomotor
       Terampil mengidentifikasi makna bagian-bagian lambang koperasi.

IV.   Tujuan Pembelajaran   
A.    Kognitif
1.      Produk    
-       Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian koperasi dengan benar.
-       Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan 4 sifat koperasi dengan benar.
-       Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan makna 8 simbol koperasi dan maknanya
2.      Proses      
- Melalui diskusi siswa dapat berbagi pendapat tentang pengertian dan sifat-sifat koperasi dengan benar.
- Melalui kerja kelompok siswa dapat mengidentifikasi makna simbol-simbol lambang koperasi dengan benar
B.     Afektif
1.    Karakter
a.    Melalui kerja kelompok, siswa menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan.
b.    Melalui penugasan, siswa menunjukkan sikap patuh terhadap perintah dari guru untuk mengerjakan tugas yang diberikan.
2.    Keterampilan Sosial
a. Melalui kerja kelompok, siswa melaksanakan kerja sama dengan teman kelompok dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
b.  Melalui penugasan, siswa memberikan pendapat guna penyelesaian tugas kelompok.
c.  Melalui diskusi, siswa menghargai pendapat teman kelompoknya.   
C.   Psikomotor
       Melalui media gambar, siswa terampil mengidentifikasi makna bagian-bagian lambang koperasi dengan benar.


V.      Materi Ajar
KOPERASI
Apa yang dimaksud dengan koperasi itu? Kita dapat memahami makna koperasi dari asal katanya. Koperasi berasal dari kata co yang berarti bersama dan operare yang berarti bekerja atau berkarya.
Unsur dasar pengertian koperasi sudah terlihat dari kata dasarnya itu. Jadi, koperasi berarti kelompok atau perkumpulan orang atau badan yang bersatu dalam cita-cita atas dasar kekeluargaan dan gotong-royong untuk mewujudkan kemakmuran bersama.
Koperasi berbeda dengan badan atau lembaga ekonomian yang lain. Koperasi mempunyai sifat-sifat yang khas. Apa saja sifat-sifat koperasi itu? Mari kita bahas lebih lanjut sifat-sifat koperasi!

1.      Koperasi merupakan organisasi perekonomian.
Disebut organisasi karena ada anggota koperasi yang membentuknya. Meskipun demikian, organisasi ini tidak sembarangan, karena memiliki sifat khusus, yakni sebagai organisasi perekonomian. Organisasi ini menjalankan kegiatan ekonomi. Tujuan kegiatan itu adalah mencapai kesejahteraan dan kemakmuran para anggota.
2.      Anggota koperasi memiliki cita-cita dasar yang sama.
Cita-cita dasar anggota koperasi adalah mencapai kesejahteraan atau kemakmuran. Ingat, kesejahteraan atau kemakmuran ini ingin dicapai secara bersama.
3.      Cita-cita ini ingin diwujudkan secara bersama-sama.
Perekonomian yang dijalankan melalui koperasi sifatnya kekeluargaan. Perekonomian dijalankan sebagai usaha bersama, bukan usaha perorangan.
4.      Koperasi memiliki watak sosial.
Anggota koperasi tidak ingin sejahtera sendiri. Anggota koperasi saling membantu meningkatkan kemakmuran setiap anggotanya. Di sini kita lihat sifat atau watak sosial koperasi, yaitu membantu anggota yang lemah.

Koperasi Indonesia didirikan pada tanggal 12 Juli 1960 oleh Drs. Moh. Hatta. Pada waktu itu beliau menjabat sebagai Wakil Presiden. Beliau memang ahli ekonomi. Menurut beliau ekonomi kerakyatanlah yang bisa mensejahterakan rakyat Indonesia. Atas jasanya di bidang  koperasi, Drs. Moh. Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia. Tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi.
Semangat dasar koperasi Indonesia, dapat kita lihat dalam lambang koperasi. Perhatikan lambang koperasi berikut ini!

Simbol apa saja yang kamu temukan dalam gambar lambang koperasi di atas? Tahukah kamu makna simbol-simbol itu. Mari kita bahas simbol-simbol dalam lambang kopersi beserta maknanya!

1.      Pohon beringin, melambangkan sifat kemasyarakatan dan persatuan yang kokoh.
2.      Bintang dan perisai, melambangkan Pancasila sebagai landasan idiil.
3.      Timbangan, melambangkan sifat adil.
4.      Gerigi roda, melambangkan kerja atau usaha yang terus-menerus.
5.      Padi dan kapas, melambangkan kemakmuran yang hendak dicapai.
6.      Rantai, melambangkan persahabatan dan persatuan yang kuat.
7.      Warna merah dan putih, melambangkan sifat nasional koperasi.
8.      Tulisan “Koperasi Indonesia,” melambangkan kepribadian koperasi rakyat Indonesia.


VI.   Model dan Metode Pembelajaran
a.      Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw
b.      Metode Pembelajaran
-       Ceramah
-       Tanya jawab
-       Diskusi
VII.Sumber/Media Pembelajaran
a.    Sumber
-       Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
-       Buku Paket Elektronik: Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas IV oleh Tantya Hisnu P. dan Winardi, halaman 155-159.                                                                                     
b.    Media
-       Gambar lambang koperasi

VIII.  Langkah-langkah Pembelajaran




No.
Kegiatan
Waktu
A.
Kegiatan Awal
1.    Mengucapkan Salam
2.    Mengajak siswa untuk berdoa’
3.    Mengecek kehadiran siswa
4.    Mengadakan apersepsi.
5.    Menjelaskan tujuan pembelajaran.
15 menit
B.
Kegiatan Inti
1.    Siswa bersama guru mengkaitkan apersepsi dengan
pembelajaran.
2.    Penjelasan materi ajar oleh guru sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
3.    Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa berkaitan dengan materi yang telah dijelaskan.
4.    Siswa berdiskusi dan berbagi pendapat tentang pengertian dan sifat-sifat koperasi
5.    Guru memperlihatkan gambar lambang koperasi dan bertanya jawab tentang gambar tersebut.
6.    Guru membentuk kelompok secara heterogen yang terdiri dari 8 kelompok sesuai jumlah bagian lambang koperasi
7.    Tiap tim diberikan materi yang berbeda
8.    Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan.
9.    Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian lambang yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan lambang mereka.
10.             Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang lambang yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
11. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
12.     LKS dibagikan kepada setiap kelompok untuk dikerjakan secara bersama-sama.
13.     Mengadakan tanya jawab dengan siswa mengenai materi yang belum/kurang dimengerti.
45 menit
C.
Kegiatan Akhir
1.     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan   kompetensi dasar.
2.     Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah 
      dipelajari.
3.     Guru memberikan pesan moral pada akhir pelajaran.
4.      Berdoa bersama sebagai penutup pelajaran.
10 menit

IX.   Penilaian
1.    Teknik Penilaian
-          Tertulis: Individu, kelompok.
-          Tes lisan: Individu.         
2.    Bentuk Penilaian      
a.       Penilaian Proses
-       Lembar Kerja Siswa (LKS)
b.      Penilaian Hasil
-       Essay Tes
3.    Instrumen Penilaian 
A.       Kognitif
-       Produk
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan jelas!
1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan koperasi! (20)
2.    Sebutkan 4 sifat koperasi! (20)
3.    Siapakah nama Bapak Koperasi Indonesia?. (20)
4.    Tuliskan 8 bagian simbol koperasi !(40)
-       Proses
Catatlah bagian lambang koperasi dan maknanya pada table di bawah ini!
No.
Bagian Lambang
Makna
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.




b.    Penilaian Afektif
ASPEK AFEKTIF (Karakter)

No
NIS
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai




Tanggung
jawab
Patuh
1.




2.




3.














dst





Rubrik Penilaian

1.    Tanggung jawab
Nilai 3 =   jika siswa menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan.
Nilai 2 =   jika siswa menunjukkan sikap kurang bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan.
Nilai 1 =   jika siswa menunjukkan sikap tidak bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan.

2.      Patuh
 Nilai 3 =  jika siswa menunjukkan sikap patuh terhadap perintah dari guru untuk mengerjakan tugas yang diberikan.  
 Nilai 2 =  jika siswa menunjukkan sikap kurang patuh terhadap perintah dari guru untuk mengerjakan tugas yang diberikan.     
 Nilai 1 =  jika siswa menunjukkan sikap tidak patuh terhadap perintah dari    guru untuk mengerjakan tugas yang diberikan. 

Nilai=  x 100

ASPEK AFEKTIF (Keterampilan Sosial)


No

NIS

Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai

Bekerja sama
Menyumbangkan pendapat
Menghargai pendapat orang lain
1.





2.





3.

















dst





Rubrik Penilaian
1.    Bekerja sama

Nilai 3 =     jika siswa melaksanakan kerja sama yang baik dengan teman kelompok dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
Nilai 2 =     jika siswa melaksanakan kerja sama yang kurang baik dengan teman kelompok dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
Nilai 1 =     jika siswa tidak melaksanakan kerja sama dengan teman kelompok dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
2.    Menyumbangkan pendapat
Nilai 3 =     jika siswa memberikan pendapat guna penyelesaian tugas kelompok.
Nilai 2 =     jika siswa kurang memberikan pendapat guna penyelesaian tugas kelompok.
Nilai 1 =                 jika siswa tidak memberikan pendapat guna penyelesaian tugas kelompok.
3.     Menghargai pendapat orang lain

Nilai 3 =     jika siswa sangat menghargai pendapat teman kelompoknya.
Nilai 2 =     jika siswa kurang menghargai pendapat teman kelompoknya.
Nilai 1 =     jika siswa tidak menghargai pendapat teman kelompoknya.

Nilai=  x 100
4.    Kunci Jawaban
1.      Koperasi adalah kelompok atau perkumpulan orang atau badan yang bersatu dalam cita-cita atas dasar kekeluargaan dan gotong-royong untuk mewujudkan kemakmuran bersama.
2.      Sifat-sifat koperasi
a.       Koperasi merupakan organisasi perekonomian.
b.      Anggota koperasi memiliki cita-cita dasar yang sama.
c.       Cita-cita ini ingin diwujudkan secara bersama-sama.
d.      Koperasi memiliki watak sosial.
3.      Drs. Moh. Hatta.
4.      Bagian-bagian lambang koperasi
a.         Pohon beringin
b.        Bintang dan perisai
c.         Timbangan
d.        Gerigi roda
e.         Padi dan kapas
f.         Rantai
g.        Warna merah dan putih
h.        Tulisan “Koperasi Indonesia”

5.    Pedoman Penskoran       
1.    Skor 20 =    jika siswa menjawab dengan benar dan lengkap.
Skor 15 =    jika siswa menjawab dengan benar tapi kurang lengkap.
Skor 10 =    jika siswa menjawab kurang benar dan kurang lengkap.
Skor 5 =      jika siswa menjawab pertanyaan tetapi tidak benar dan tidak lengkap.
2.    Skor 20 =    jika siswa menyebutkan 4 sifat koperasi dengan benar
Skor 15 =    jika siswa menyebutkan hanya 3 sifat koperasi dengan benar
Skor10 =     jika siswa menyebutkan hanya 2 sifat koperasi dengan benar
SKor 5 =     jika siswa menyebutkan hanya 1 sifat koperasi dengan benar
Skor 0 =      jika siswa menjawab salah
3.    Skor 20 =    jika siswa menjawab dengan benar
Skor 0 = jika siswa menjawab salah
4.    Skor 5 untuk setiap bagian simbol yang benar

Nilai Akhir =  X 100



Daftar Pustaka :
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran PKn untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Direktorat, Mendiknas.
Tantya Hisnu P. dan Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas.

Watampone ,        April 2015
Mengetahui,
Dosen Pembimbing                                                                      Simulator


Dra. Sitti Jauhar, M.Si.                                                                RISKA MAULIDIAH
NIP:19610718 198703 2 001                                                      NIM:1247242023




0 komentar:

Posting Komentar

 

This Template Was Found On Elfrida Chania's Blog. Copyrights 2011.