Struktur
adalah suatu tatanan yang membentuk suatu kelompok dalam masyarakat. Struktur
memiliki 3 ciri yakni dapat berubah dan berkembang, ada di dalam masyarakat,
dan berhubungan erat dengan masyarakat.
Sistem adalah
kesatuan komponen yang terarah untuk mencapai tujuan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
menajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang
telah dijabarkan dalam silabus.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV (Empat)/II (Dua)
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Alokasi Waktu : 2x35 Menit
I.
Standar
Kompetensi
2. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan
kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota
dan provinsi
II.
Kompetensi
Dasar
2.2 Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
III.
Indikator
A.
Kognitif
1. Produk
-
Menjelaskan
pengertian koperasi
-
Menjelaskna sifat-sifat koperasi
-
Mengidentifikasi makna simbol-simbol lambang koperasi
2. Proses
-
Melaksanakan
diskusi untuk berbagi pendapat tentang pengertian dan sifat-sifat koperasi
-
Melaksanakan kerja kelompok untuk mengidentifikasi makna simbol-simbol lambang
koperasi
B.
Afektif
1. Karakter
a.Tanggung jawab
b. Patuh
2.
Keterampilan Sosial
a. Bekerja sama
b. Menyumbangkan pendapat
c. Menghargai pendapat orang lain
C.
Psikomotor
Terampil
mengidentifikasi makna bagian-bagian lambang koperasi.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A.
Kognitif
1. Produk
- Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian koperasi dengan benar.
- Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan 4 sifat koperasi dengan benar.
- Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan makna 8 simbol koperasi dan maknanya
2. Proses
- Melalui
diskusi siswa dapat berbagi pendapat tentang pengertian dan sifat-sifat
koperasi dengan benar.
- Melalui kerja kelompok siswa dapat
mengidentifikasi makna simbol-simbol lambang koperasi dengan benar
B.
Afektif
1.
Karakter
a. Melalui
kerja kelompok, siswa menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap tugas
kelompok yang diberikan.
b. Melalui
penugasan, siswa menunjukkan sikap patuh terhadap perintah dari guru untuk
mengerjakan tugas yang diberikan.
2.
Keterampilan
Sosial
a. Melalui kerja kelompok, siswa melaksanakan kerja
sama dengan teman kelompok dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
b. Melalui
penugasan, siswa memberikan pendapat guna penyelesaian tugas kelompok.
c. Melalui
diskusi, siswa menghargai pendapat teman kelompoknya.
C.
Psikomotor
Melalui media gambar,
siswa terampil mengidentifikasi makna bagian-bagian lambang koperasi dengan
benar.
V.
Materi
Ajar
KOPERASI
Apa
yang dimaksud dengan koperasi itu? Kita dapat memahami makna koperasi dari asal
katanya. Koperasi berasal dari kata co yang berarti bersama dan operare
yang berarti bekerja atau berkarya.
Unsur
dasar pengertian koperasi sudah terlihat dari kata dasarnya itu. Jadi, koperasi
berarti kelompok atau perkumpulan orang atau badan yang bersatu dalam
cita-cita atas dasar kekeluargaan dan gotong-royong untuk mewujudkan
kemakmuran bersama.
Koperasi berbeda dengan badan atau lembaga ekonomian yang lain. Koperasi mempunyai sifat-sifat yang khas. Apa saja
sifat-sifat koperasi itu? Mari kita bahas
lebih lanjut sifat-sifat koperasi!
1.
Koperasi merupakan organisasi perekonomian.
Disebut
organisasi karena ada anggota koperasi yang membentuknya. Meskipun demikian,
organisasi ini tidak sembarangan, karena memiliki sifat khusus, yakni sebagai
organisasi perekonomian. Organisasi ini menjalankan kegiatan ekonomi. Tujuan
kegiatan itu adalah mencapai kesejahteraan dan kemakmuran para anggota.
2. Anggota koperasi
memiliki cita-cita dasar yang sama.
Cita-cita
dasar anggota koperasi adalah mencapai kesejahteraan atau kemakmuran. Ingat,
kesejahteraan atau kemakmuran ini ingin dicapai secara bersama.
3. Cita-cita ini
ingin diwujudkan secara bersama-sama.
Perekonomian
yang dijalankan melalui koperasi sifatnya kekeluargaan. Perekonomian dijalankan
sebagai usaha bersama, bukan usaha perorangan.
4. Koperasi
memiliki watak sosial.
Anggota
koperasi tidak ingin sejahtera sendiri. Anggota koperasi saling membantu
meningkatkan kemakmuran setiap anggotanya. Di sini kita lihat sifat atau watak
sosial koperasi, yaitu membantu anggota yang lemah.
Koperasi Indonesia didirikan pada tanggal 12 Juli 1960 oleh Drs. Moh. Hatta. Pada waktu itu beliau
menjabat sebagai Wakil Presiden. Beliau memang ahli ekonomi.
Menurut beliau ekonomi kerakyatanlah yang bisa mensejahterakan rakyat Indonesia.
Atas jasanya di bidang koperasi, Drs.
Moh. Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia. Tanggal 12 Juli
ditetapkan sebagai Hari Koperasi.
Semangat
dasar koperasi Indonesia, dapat kita lihat dalam lambang koperasi. Perhatikan lambang koperasi berikut ini!
Simbol apa saja
yang kamu temukan dalam gambar lambang koperasi di atas? Tahukah kamu makna simbol-simbol
itu. Mari kita bahas simbol-simbol dalam lambang kopersi beserta maknanya!
1. Pohon
beringin, melambangkan sifat kemasyarakatan dan persatuan yang kokoh.
2. Bintang
dan perisai, melambangkan Pancasila sebagai landasan idiil.
3. Timbangan,
melambangkan sifat adil.
4. Gerigi
roda, melambangkan kerja atau usaha yang terus-menerus.
5. Padi
dan kapas, melambangkan kemakmuran yang hendak dicapai.
6. Rantai,
melambangkan persahabatan dan persatuan yang kuat.
7. Warna
merah dan putih, melambangkan sifat nasional koperasi.
8. Tulisan
“Koperasi Indonesia,” melambangkan kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
VI.
Model
dan Metode Pembelajaran
a.
Model
Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw
b.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya
jawab
- Diskusi
VII.Sumber/Media
Pembelajaran
a.
Sumber
- Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
- Buku
Paket Elektronik: Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas IV oleh Tantya Hisnu P.
dan Winardi, halaman 155-159.
b.
Media
- Gambar
lambang koperasi
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A.
|
Kegiatan
Awal
1. Mengucapkan Salam
2. Mengajak siswa untuk berdoa’
3. Mengecek kehadiran siswa
4. Mengadakan
apersepsi.
5. Menjelaskan
tujuan pembelajaran.
|
15
menit
|
B.
|
Kegiatan
Inti
1. Siswa bersama guru mengkaitkan
apersepsi dengan
pembelajaran.
2. Penjelasan
materi ajar oleh guru sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
3. Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa berkaitan dengan materi yang telah
dijelaskan.
4. Siswa
berdiskusi dan berbagi pendapat tentang pengertian dan sifat-sifat koperasi
5. Guru
memperlihatkan gambar lambang koperasi dan bertanya jawab tentang gambar
tersebut.
6. Guru membentuk kelompok secara heterogen
yang terdiri dari 8 kelompok sesuai jumlah bagian lambang koperasi
7. Tiap
tim diberikan materi yang berbeda
8. Tiap
orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan.
9. Anggota
dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian lambang yang sama bertemu
dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan lambang mereka.
10.
Setelah selesai diskusi sebagai
tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman
satu tim mereka tentang lambang yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
11. Tiap
tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
12.
LKS dibagikan kepada setiap
kelompok untuk dikerjakan secara bersama-sama.
13.
Mengadakan tanya jawab dengan
siswa mengenai materi yang belum/kurang dimengerti.
|
45
menit
|
C.
|
Kegiatan
Akhir
1.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi dasar.
2.
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah
dipelajari.
3.
Guru memberikan pesan moral pada akhir
pelajaran.
4.
Berdoa bersama sebagai penutup pelajaran.
|
10
menit
|
IX.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
-
Tertulis: Individu, kelompok.
-
Tes lisan: Individu.
2.
Bentuk
Penilaian
a. Penilaian
Proses
- Lembar
Kerja Siswa (LKS)
b. Penilaian
Hasil
- Essay
Tes
3.
Instrumen
Penilaian
A. Kognitif
- Produk
Jawablah pertanyaan
berikut ini dengan benar dan jelas!
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan koperasi! (20)
2. Sebutkan
4 sifat koperasi! (20)
3. Siapakah
nama Bapak Koperasi Indonesia?. (20)
4. Tuliskan
8 bagian simbol koperasi !(40)
- Proses
Catatlah bagian lambang koperasi
dan maknanya pada table di bawah ini!
No.
|
Bagian Lambang
|
Makna
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
b. Penilaian
Afektif
ASPEK AFEKTIF (Karakter)
No
|
NIS
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
|
|
|
|
Tanggung
jawab
|
Patuh
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
1. Tanggung
jawab
Nilai
3 = jika siswa menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan.
Nilai
2 = jika siswa menunjukkan sikap kurang
bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan.
Nilai
1 = jika siswa menunjukkan sikap tidak
bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan.
2. Patuh
Nilai 3 = jika
siswa menunjukkan sikap patuh terhadap perintah dari guru untuk mengerjakan
tugas yang diberikan.
Nilai 2 = jika
siswa menunjukkan sikap kurang patuh terhadap perintah dari guru untuk
mengerjakan tugas yang diberikan.
Nilai 1 = jika
siswa menunjukkan sikap tidak patuh terhadap perintah dari guru untuk mengerjakan tugas yang diberikan.
Nilai= x 100
ASPEK
AFEKTIF (Keterampilan Sosial)
No
|
NIS
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
||
Bekerja
sama
|
Menyumbangkan
pendapat
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian
1. Bekerja
sama
Nilai 3 = jika
siswa melaksanakan kerja sama yang baik dengan teman kelompok dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan.
Nilai 2 = jika
siswa melaksanakan kerja sama yang kurang baik dengan teman kelompok dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan.
Nilai 1 = jika
siswa tidak melaksanakan kerja sama dengan teman kelompok dalam menyelesaikan
tugas yang diberikan.
2. Menyumbangkan
pendapat
Nilai 3 = jika siswa memberikan pendapat guna
penyelesaian tugas kelompok.
Nilai 2 = jika siswa kurang memberikan pendapat guna
penyelesaian tugas kelompok.
Nilai 1 = jika siswa tidak memberikan
pendapat guna penyelesaian tugas kelompok.
3. Menghargai pendapat orang lain
Nilai 3 = jika
siswa sangat menghargai pendapat teman kelompoknya.
Nilai 2 = jika
siswa kurang menghargai pendapat teman kelompoknya.
Nilai 1 = jika
siswa tidak menghargai pendapat teman kelompoknya.
Nilai=
x 100
4.
Kunci
Jawaban
1.
Koperasi
adalah kelompok atau perkumpulan orang atau badan yang bersatu dalam
cita-cita atas dasar kekeluargaan dan gotong-royong untuk mewujudkan
kemakmuran bersama.
2.
Sifat-sifat
koperasi
a.
Koperasi merupakan organisasi perekonomian.
b.
Anggota koperasi memiliki cita-cita dasar yang sama.
c.
Cita-cita ini ingin diwujudkan secara bersama-sama.
d.
Koperasi memiliki watak sosial.
3. Drs. Moh.
Hatta.
4. Bagian-bagian lambang koperasi
a.
Pohon beringin
b.
Bintang dan perisai
c.
Timbangan
d.
Gerigi roda
e.
Padi dan kapas
f.
Rantai
g.
Warna merah dan putih
h.
Tulisan “Koperasi Indonesia”
5.
Pedoman
Penskoran
1. Skor
20 = jika siswa menjawab dengan benar
dan lengkap.
Skor 15 = jika siswa menjawab dengan benar tapi kurang lengkap.
Skor 10 = jika siswa menjawab kurang benar dan kurang lengkap.
Skor 5 = jika siswa menjawab pertanyaan tetapi tidak benar dan tidak
lengkap.
2. Skor
20 = jika siswa menyebutkan 4 sifat
koperasi dengan benar
Skor
15 = jika siswa menyebutkan hanya 3 sifat
koperasi dengan benar
Skor10
= jika siswa menyebutkan hanya 2 sifat
koperasi dengan benar
SKor
5 = jika siswa menyebutkan hanya 1 sifat
koperasi dengan benar
Skor
0 = jika siswa menjawab salah
3. Skor
20 = jika siswa menjawab dengan benar
Skor
0 = jika siswa menjawab salah
4. Skor
5 untuk setiap bagian simbol yang benar
Nilai Akhir = X 100
Daftar
Pustaka :
Depdiknas.
2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) Mata Pelajaran PKn untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Direktorat,
Mendiknas.
Tantya Hisnu P. dan Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas IV. Jakarta:
Pusat Perbukuan, Depdiknas.
Watampone
, April 2015
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Simulator
Dra. Sitti Jauhar, M.Si. RISKA MAULIDIAH
NIP:19610718 198703 2 001 NIM:1247242023
0 komentar:
Posting Komentar